PEMBUATAN OBJEK KOTAK PETI MENGGUNAKAN BLENDER

PEMBUATAN OBJEK KOTAK PETI MENGGUNAKAN BLENDER


ini adalah tampilan awal saat kita masuk ke blender








Pilih objek kubus tersebut lalu tekan “tab” pada keyboard, setelah itu  pilih loop cut and slide seperti pada gambar yang pertama dan pada menu action di sebelah kiri dan  setelah itu arahkan kursor pada kubus dan  klik sekali setelah kita memilih menambah garis vertikal atau horizontal, lalu kita dapat arahkan loop cut and slide tersebut ke daerah yg kita inginkan sesuai imajinasi pada pembuatan objek kotak peti yg kita akan buat .

Setelah jadi seperti gambar di atas lalu ikuti gambar berikut dengan cara pilih satu titik dengan mengklik “kanan” pada mouse lalu untuk memilih titik lain agar titik yg awal yg telah kita pilih tidak hilang kita sambil tekan shift pada keyboard ( shift + klik kanan ).

Setelah kita pilih titiknya tersebut ada bentuk garis agar pembentukan perubahan gambar tidak berantakan terutama dalam pembentukan objek yg membutuhkan ketelitian di setiap perubahannya, yg berwana biru,kuning dan merah berfungsi sebagai penanda pergerakan. biru menandakan garis “Z”, kuning menandakan garis “Y”, dan merah menandakan garis “X”. setelah kita mengenal garis tadi untuk membuat animasi kotak peti ini seperti aslinya kita harus dorong sumbu “y” dari titik yg sudah kita pilih tadi seperti gambar diatas.




Setelah kita bentuk seperti gambar di atas lalu kita mulai dengan melakukan penyatuan titik dengan teknik “MERGE”. Teknik ini di lakukan untuk penyatuan atau penggabungan titik satu ke ke titik lain atau bisa disebut point to point sehingga menghasilkan hasil animasi yg terlihat asli, pertama kita pilih titik yg kita ingin merge lalu kita ke menu sebelah kiri pada layar progress  pada add terdapat merge kita clik lalu pada merge terdapat 5 opsi, yaitu “AT FIRST, AT LAST, AT CENTER, AT CURSOR dan AT COLLAPSE”. At last misalkan kita pertama memilih titik yang kanan lalu memilih titik yang kiri maka merge at last akan menyatukan titik tersebut namun pergerakannya akan menyatu ke titik yg kedua karena seperti artinya last=akhir sama seperti at first artinya titik akan menyatu ke titik yg pertama kita pilih sama seperti artinya first=awal. Lalu at center kita akan memilih kedua titik namun akan menyatukannya tepat di tengah, jika at cursor kedua titik ke arah cursor saat penyatuan titik tersebut dan at collapse misalkan anda ingin menyatukan 3 titik maka semua titik akan menyatu ke titik yg kedua atau titik medium .

Setelah di merge silahkan keluarkan imajinasi dengan melakukan hal yg sama dengan menyatukan titik dengan merge sampai kotak peti tersebut jadi seperti gambar diatas.

Lalu coba tampilkan dengan melakukan render gambar dengan menekan “F12” pada keyboard makan akan muncul seperti gambar diatas.

Lalu setelah selesai kita akan lanjutkan dengan membuat latar pada animasi kotak peti dengan cara pilih “add” lalu pilih “mesh” dan klik “pane” maka akan mucul persegi pada layar progres utama, setelah itu kita perbesar dengan cara pilih pane yg kita buat tadi lalu tekan “S” pada keyboard artinya adalah scale (memperbesar gambar) setelah kita perbesar sampai seperti gambar diatas.

Setelah itu kita buat duplikat dari gambar tersebut sebagai tembok penutup tekan “shift+d” pada keyboard geser gambar duplikat yg telah kita buat lalu kita rotasi gambar tersebut dengan menekan “R” setelah itu kita putar.


Setelah jadi kita mulai bermain dengan rendering animasi , di layar progres ada dua object yg menggantung tidak jauh di atas benda yg bulat ialah lampu dan yg kotak dan ada sedikit segitiganya itu ialah camera yg menyorot ke object, kita akan bermain merubah lampu penerangan pada object. Ketika kita pilih lamp pada menu sebelah kanan pada layar akan ada 5 pilihan lampu yg memiliki fungsinya masing-masing, point yaitu sistem penerangan akan berupa point objek, sun maka pencahayaan akan menyerupai cahaya matahari , omi maka akan menyerupai  lampu dan area seperti dia area ruangan. Saya pilih pencahayaan sun menyerupai matahari, cahaya lampu awal agak gelap agar menyerupai aslinya saya ubah dengan cara mengganti light color menjadi agak kekuningan seperti gambar di atas.

Dan seperti ini hasil akhirnya membuat kotak peti.

DISUSUN OLEH
-       Danang Saputra     (31117424)
-       Fazar Pebriana       (32117273)
-       Shinta Wahyu        (35117663)

-       Taufiq Nur. H        (35117908)

Comments

Popular posts from this blog

Keterlibatan Bawahan Dalam Membuat Keputusan

Tipe-Tipe Keputusan dan Contoh Kasus

Struktur Organisasi Perusahaan